Asuransi - Pengertian, Manfaat dan Jenis

Apa Itu asuransi?

Asuransi yaitu suatu bentuk manajemen potensi risiko dari banyak hal yang tak terduga seperti halnya kerugian, kematian, kehilangan, kesehatan dan sebagainya. Maka apabila terjadi kejadian tersebut anda akan mendapatkan kompensasi dan keringanan tanggungan moneter sesuai dengan jenis asuransi tersebut.

Asuransi juga memungkinkan bagi individu, bisnis dan entitas lain untuk melindungi dirinya terhadap potensi kerugian yang signifikan dan serta kesulitan keuangan pada tingkat yang masih terjangkau. Kita mengatakan "signifikan" dikarenakan jika potensi kerugiannya kecil, maka tidaklah masuk akal untuk membayar sejumlah premi untuk melindungi terhadap kerugian. 

Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi

Contohnya kerugian keuangan yang signifikan Jikalau Anda adalah pencari nafkah utama keluarga Anda, jika hilangnya pendapatan keluarga Anda akan mengakibatkan kehidupan dan pendidikan serta kesulitan-kesulitan lain yang mungkin timbul berhubungan dengan mereka. Tentunya akan sangat sulit bagi keluarga Anda untuk mendapatkan pengganti dari penghasilan Anda, maka premi bulanan akan memastikan bahwa jika nanti Anda mati, penghasilan Anda tersebut akan digantikan oleh uang pertanggungan tersebut. Prinsip yang sama berlaku untuk banyak bentuk lain dari asuransi. Jika potensi kerugian akan memiliki efek yang merugikan.

Manfaat dan tujuan dasar asuransi

Setiap orang yang ingin melindungi dirinya sendiri atau orang lain terhadap kesulitan keuangannya harus mempertimbangkan pentingnya asuransi. Dalam hal ini boleh jadi termasuk: 
  • Melindungi keluarganya setelah kematian seseorang dari hilangnya pendapatan
  • Memastikan untuk pembayaran hutang setelah kematian
  • Meliputi juga kewajiban kontinjensi
  • Melindungi terhadap kecelakaan dan kematian karyawan kunci atau orang-orang dalam bisnis Anda
  • Melindungi bisnis Anda dari ancaman dan gangguan bisnis lainya dan hilangnya penghasilan dari bisnis anda
  • Melindungi diri dan keluarga terhadap biaya kesehatan yang sering tak terduga
  • Melindungi harta atau rumah Anda dari pencurian, kebakaran, banjir dan bahaya yang lainnya
  • Melindungi diri dari tuntutan hukum
  • Melindungi diri Anda dalam hal kecelakaan dan kecacatan
  • Melindungi mobil pribadi Anda terhadap pencurian atau kerugian lain yang terjadi sebagai akibat dari kecelakaan.

Selain daripada itu masih banyak lagi alasan mengapa seseorang harus memiliki asuransi. Pada umumnya orang yang ingin mengasuransikan diri dan hartanya terhadap kerugian tertentu hatus membayar premi mereka kepada perusahaan asuransi tertentu. Kemudian karena jumlah orang yang diasuransikan sangat besar, maka perusahaan asuransi dapat menggunakan analisis statistik untuk proyek apa kerugian aktual mereka akan berada dalam kelas tertentu. 

Mereka juga tahu bahwa tidak semua individu yang diasuransikan akan menderita kerugian pada waktu / saat yang sama atau tidak sama sekali. Hal inilah yang memungkinkan perusahaan asuransi tertentu itu untuk dapat beroperasi secara menguntungkan dan pada saat yang sama membayar klaim yang mungkin akan timbul. Misalnya saja, kebanyakan orang memiliki asuransi mobil namun hanya sedikit yang benar-benar mmengalami kecelakaan. Anda akan membayar untuk kemungkinan kerugian yang mungkin sja terjadi dan untuk perlindungan yang Anda akan dibayarkan untuk kerugian dalam hal akan terjadi. 


Risiko 

Hidup ini pasti penuh risiko - beberapa hal dapat dicegah atau setidaknya dapat diminimalkan, beberapa yang lain dapat dihindari dan banyak yang tak terduga. Apa pentingnya untuk mengetahui tentang risiko ketika anda berpikir tentang asuransi adalah jenis risikonya dan akibat dari risiko itu, serta biaya risiko dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko tersebut. Mari kita ambil contoh pada mengendarai kenderaan atau mobil anda. 
  • Jenis risikonya misalnya: cedera anggota tubuh, kerugian total kerusakan kendaraan, maka harus memperbaiki mobil Anda.   Efeknya adalah: Masuk rumah sakit, harus menyewa mobil lain dan harus mengeluarkan biaya pembayaran mobil untuk mobil yang tidak ada lagi.
  • Biayanya tak terhingga, bisa berkisar dari kecil sampai kepada yang sangat besar 
Jenis asuransi

Banyak sekali jenis asuransi yang disediakan oleh berbagai perusahaan yang bergerak dibidang asuransi. Misalnya saja asuransi kesehatan, asuransi kehilangan, asuransi kerugian, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, asuransi jiwa dan banyak lagi model asuransi lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel