Donald Trump: Korut Permainkan AS Bertahun-tahun

Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut Korea Utara (Korut) berperilaku sangat buruk. Trump juga menyebut China sebagai sekutu utama yang punya pengaruh terhadap Korut, tak banyak berbuat untuk membantu menekan Korut.

Korut Permainkan AS Bertahun-tahun
@Moral Trail doc. foto; Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
"Korut berperilaku sangat buruk. Mereka telah mempermainkan AS selama bertahun-tahun. China tak banyak berbuat untuk membantu," tulis Trump dalam postingan di akun Twitternya seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (18/3/2017).

Hal tersebut disampaikan Trump setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan, kebijakan kesabaran strategis AS terhadap Korut kini telah berakhir.

Dalam kunjungannya ke Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (17/3) waktu setempat, Tillerson mengatakan, aksi militer mungkin dilakukan jika Korut meningkatkan ancamannya.

"Biar saya perjelas: kebijakan kesabaran strategis telah berakhir. Kami sedang mengeksplorasi serangkaian langkah-langkah baru keamanan dan diplomatik. Semua opsi dipertimbangkan," ujar Tillerson pada konferensi pers di Seoul.

Dikatakan Menlu AS itu, setiap tindakan Korut yang mengancam Korsel akan mendapat respons yang semestinya.

"Jika mereka meningkatkan ancaman dari program senjata mereka ke level yang kita yakin perlu tindakan, opsi itu bisa dipertimbangkan," ujar Tillerson ketika ditanya mengenai aksi militer terhadap Korut.

Tillerson juga meminta China untuk menerapkan sanksi-sanksi terhadap Korut terkait uji coba nuklir dan rudal yang terus dilakukannya.

Korut telah melakukan dua kali uji coba nuklir dan serangkaian uji coba rudal sejak awal tahun 2016 lalu. Pekan lalu, negeri komunis itu meluncurkan empat rudal balistik dan sedang berusaha mengembangkan rudal-rudal balistik yang bisa menjangkau wilayah AS. ***detik**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel