Donald Trump akan Sumbangkan Gaji Tahunannya ke Badan Amal Akhir

Donald Trump akan menyumbangkan gaji tahunannya sebagai presiden Amerika Serikat sebesar US$ 400 ribu (Rp 5,3 miliar) kepada badan amal akhir tahun ini.

Donald Trump akan Sumbangkan Gajinya ke Badan Amal
@Moral Trail doc. foto: Presiden AS Donald Trump.
Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer mengatakan pada Senin, 13 Maret 2017 bahwa dalam rangka merealisasikan kerja amal Presiden Trump, media yang sering mengkritiknya diminta membantu mengawasi penggunaan dana itu. 

"Presiden berniat menyumbangkan pendapatannya pada akhir tahun ini. Dia sudah berjanji kepada rakyat Amerika Serikat," kata Spicer, seperti yang dilansir ABC News pada 13 Maret 2017.

"Dia meminta Anda semua (jurnalis) membantu memastikan kontribusinya dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran," ujar Spicer. 

Dengan nada candaan Spicer menyebutkan bahwa cara itu bisa menghindari kritikan karena pihak pers akan menentukan bagaimana uang itu disalurkan. Sindiran itu mengacu pada kritikan media terhadap bantuan amal Presiden Trump sebelumnya. 

Ketika kampanye presiden tahun lalu, Presiden Trump, sang miliarder itu beberapa kali mengatakan dia tidak berencana untuk mengambil gaji, sebaliknya hanya mau menerima US$ 1 (Rp 13 ribu) sebagai formalitas. Forbes memperkirakan harta Trump mencapai US$ 3,7 miliar (Rp 49,3 triliun). 

Presiden sebelumnya, Herbert Hoover dan John F Kennedy, juga menyumbangkan gaji mereka selama menjadi presiden untuk amal. Keduanya menyumbangkan gaji karena tidak membutuhkan biaya untuk menambah pendapatan pribadi mereka. 

US Code yang bertugas menguraikan kewajiban dan hak presiden mengatakan, Presiden Trump akan menerima secara penuh kompensasi atas jasanya selama jangka waktu yang ditentukan.

Sejak 2001 presiden Amerika Serikat akan menerima kompensasi sebesar US$ 400 ribu per tahun ditambah uang saku US$ 50 ribu (Rp 667 juta) untuk membantu membiayai pelaksanaan tugas resminya. ***tempo**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel