Sejarah Pertama Kepolisian London Dipimpin Wanita

MORALTRAIL | Jabatan Metropolitan Police Commissioner kini resmi disandang Cressida Dick. Ia adalah wanita pertama dalam sejarah yang memimpin Kepolisian London, Inggris.

Ia menggantikan Sir Bernard Hogan-Howe, yang memimpin kesatuan tersebut dari 2011 sampai pengumuman pensiunnya yang disampaikan tahun lalu.

Cressida Dick pernah menjadi perwira senior di kesatuan anti-terorisme di Metropolitan Police (Met) sebelum pindah ke Kementerian Luar Negeri Inggris -- menjabat Direktur Jenderal Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Kepolisian London Dipimpin Wanita
@Moral Trail doc. foto; Cressida Dick menjadi perempuan pertama dalam sejarah yang memimpin Kepolisian London.
Seperti dikutip dari BBC, Rabu (22/2/2017), dalam pernyataannya, Dick mengaku sangat bersuka cita sekaligus merasa terhormat terpilih dalam jabatan barunya itu.

"Saya berharap bisa kembali bekerja dengan orang-orang hebat, wanita maupun pria, di Met," kata dia.

Wanita 56 tahun itu meninggalkan Met setelah mengabdi selama 31 tahun pada Desember 2014 -- sebelum bergabung dengan Kemlu Inggris.

Namun, menurut wartawan BBC spesialis isu dalam negeri, Danny Shaw mengatakan, pemilihannya bukan tanpa kontroversi.

Dia adalah komandan yang bertanggung jawab atas operasi di mana tukang listrik asal Brasil yang sama sekali tak bersalah, Jean Charles de Menezes ditembak mati aparat dua pekan setelah Bom London 2005.

Juri kemudian memutuskan, Met melanggar UU Kesehatan dan Keamanan, namun tak menimpakan kesalahan pada komandan operasi, Cressida Dick.

"Ini adalah tanggung jawab yang besar dan kesempatan yang luar biasa," kata Dick soal jabatan barunya itu. "Saya berharap bisa melaksanakan tugas untuk melindungi dan melayani warga London..."

Menteri Dalam Negeri Amber Rudd mengatakan, Cressida Dick adalah pemimpin yang luar biasa dengan visi yang jelas untuk masa depan Met.

Ia menambahkan, kepala polisi London yang baru itu sebagai sosok yang memahami latar belakang beragam masyarakat yang dilayaninya.

"Ia saat ini menduduki jabatan paling berat, dipantau publik, juga terpenting dalam Kepolisian Inggris, di tengah peringatan teror dan meningkatnya ancaman penipuan serta kejahatan siber," kata dia.

Sementara, Wali Kota London, Sadiq Khan memuji Cressida Dick sebagai 'sosok terbaik' untuk memimpin Met.

Dengan jabatan barunya sebagai Kepala Kepolisian London, Dick akan menerima gaji sebesar 270.648 pound sterling atau Rp 4,5 miliar per tahun beserta tunjangan lainnya.***liputan6**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel