Misteri Monster Laut Berbulu Putih Terdampar di Pantai Filipina

Manila - Sebuah foto benda seperti monster berbulu putih terdampar di sebuah pantai di Filipina, viral di media sosial.

Misteri Monster Laut Berbulu Putih

Para penduduk lokal terlihat selfie di sebelah benda misterius itu yang terdampar di Pantai Cagdianao, Kepulauan Dinagat.

Melansir News.com.au pada Jumat (24/2/2017), beberapa benda laut yang aneh sebelumnya juga terdampar di kepulauan itu -- setelah gempa melanda wilayah tersebut pada pekan lalu.

Keberadaan benda-benda aneh itu memicu spekulasi bahwa makhluk laut mampu mendeteksi gempa yang akan melanda kawasan tersebut. 

Dalam kasus ini, benda misterius berambut putih yang berukuran jumbo itu terlihat mengambang dan mengeluarkan semacam darah.

Beberapa orang berspekulasi bahwa 'monster' itu sebagian tubuh paus raksasa dan sebagian lainnya menebak itu alien.

Kemunculan benda itu menambah daftar makhluk aneh laut dalam di Filipina. Warga di pantai utara Mindano menemukan ikan mirip ular sepanjang 30 kaki atau 6 meter setelah gempa 6,7 skala Ritcher yang menewaskan 6 orang serta melakai 120 jiwa.

Keberadaan makhluk putih berbulu itu merupakan kemunculan benda aneh di laut dalam beberapa minggu terakhir.

Pada akhir Desember lalu, turis di pantai Auckland di Selandia Baru dibuat kaget dengan objek rasasa berselimut remis.

Objek tersebut mengingatkan akan peristiwa yang terjadi setelah Selandia Baru diguncang gempa 7,8 skala Richter.

Kala itu, lindu itu mengangkat dasar laut sepanjang 2 meter dan lalu meledak.

Akibat kejadian tiba-tiba itu sejumlah makhluk laut, termasuk lobster dan kerang-kerangan, terdampar.

Laut menyimpan banyak misteri. Tak jarang hal-hal misterius tersapu hingga ke tepi pantai. Salah satunya adalah bentuk-bentuk makhluk aneh dan... menyeramkan wujudnya.

Temuan makhluk aneh itu disebut 'globster'. Merupakan istilah teknik dari ahli hewan asing, yang didefinisikan sebagai 'bagian massa organik yang tersapu dari laut atau sumber air lainnya'.

Sebutan itu diciptakan oleh Ivan T. Sanderson pada tahun 1962, untuk mendeskripsikan bangkai hewan laut yang ditemukan di laut Tasmania tahun 1960, yang dikatakan "tak memiliki mata, kepala, dan struktur tulang yang berwujud jelas".

Ini adalah 4 makhluk-makhluk aneh yang pernah terdampar di pantai seluruh dunia (dan hanya beberapa yang punya penjelasannya): 

1. Monster Sakhalin


Misteri Monster Laut di Pantai Filipina
@Moral Trail doc. foto; Monster Sakhalin.
Makhluk ini ditemukan di Pulau Sakhalin, Rusia, tahun 2006 lalu oleh sekelompok tentara yang ditempatkan di daerah terdekat.

Pulaunya, yang terletak di Lautan Pasifik Utara di teluk Timur Rusia dan Utara Jepang, menjadi teritori pertentangan dua negara itu. Inilah yang menjadikan adanya tentara.

Menurut laporan, anggota resmi memindahkan bangkai makhluk tak dikenal itu dari pantai setelah berita penemuannya tersebar. Namun, pengunjung sudah keburu mengambil beberapa fotonya.

2. Trunko

Misteri Monster Laut Berbulu di Pantai Filipina
@Moral Trail doc. foto; Trunko.
Trunko adalah nama julukan bagi si makhluk putih yang tersapu di pantai Margate, Afrika Selatan tahun 1924.

Kisahnya muncul di koran lokal dengan berbagai judul yang membuat penasaran, seperti, "Ikan Berbentuk Seperti Beruang Kutub".Menurut laporan, pada awalnya saksi mata melaporkan melihat si makhluk aneh bertarung dengan dua paus pembunuh.

Trunko membusuk di lautan 10 hari sebelum akhirnya tersapu kembali oleh ombak. Anehnya, pada masa itu, tak ada ilmuwan yang menelitinya. Bukti keberadaannya dianggap sudah hilang, hingga pada tahun 2010 muncul lagi foto Trunko di internet.

3. Monster Laut Folly


Misteri Monster Laut Terdampar di Pantai Filipina
@Moral Trail doc. foto; Monster Laut Folly.
Makhluk ini hanya muncul potongan tubuhnya. Keanehannya ada pada bentuknya yang amat mirip dengan ekor stegosaurus.

Kemunculannya pada Pantai Folly Carolina Selatan pada tahun 2012 mengejutkan penduduk. Spekulasi mengenai asal-usulnya dibahas selama berhari-hari.

Akuarium Carolina Selatan akhirnya berhasil mengenali makhluk ini sebagai ikan sturgeon Atlantik, yang sudah ada sejak era primitif dan berenang di lautan selama lebih dari 100 juta tahun.

Ikan sturgeon bisa bertumbuh hingga lima meter panjangnya, dan spesies yang pernah ditangkap, beratnya melebihi 360 kg.

4. Globster Enam Kilometer


Misteri Monster Laut di Pantai Filipina
@Moral Trail doc. foto; Globster Enam Kilometer.
Monster' ini dinamakan demikian sesungguhnya bukan karena ukurannya, namun dari ukuran pantai Tasmania tempat si makhluk ditemukan tahun 1997.

Makhluk itu berukuran 4,6 meter panjangnya dan beratnya 3.600 kg. Di tubuhnya terdapat sirip, helai rambut putih, dan enam cuping berdaging di setiap sisi tubuhnya.

Tahun 1960, pernah juga ditemukan bangkai hewan di Tasmania, dan kata 'globster' pertama kali digunakan oleh ahli hewan Ivan T Sanderson. ***liputan6**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel