Bupati Tanggamus: Anggota Dewan Minta Uang ya Saya kasih

Jakarta - Bupati Tanggamus nonaktif Bambang Kurniawan mengakui pernah memberikan sejumlah uang ke sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus. Menurut Bambang, uang diberikan karena Anggota Dewan sendiri yang memintanya. 

Anggota Dewan Minta Uang sama Bupati Tanggamus

"Intinya saya memberikan uang kepada anggota dewan karena mereka meminta. Setelah saya berikan, dilaporkan. Sudah itu aja," kata Bambang usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2017) malam. 

Kabupaten Tanggamus merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung. Bambang enggan berandai-andai apakah pemberian uang ke Anggota Dewan tersebut merupakan jebakan. 

"Biar nanti penyidik yang menyimpulkannya," ujarnya. 

"Kalau lihat konstruksi perkaranya ya seperti itu lah," lanjutnya. 

Ditanya apakah semua Anggota DPRD menerima uang darinya, Bambang menyebut hanya yang meminta saja.

"Yang tidak minta, tidak saya kasih. Yang minta saja, sekitar delapan orang," ungkap Bambang. 

Kasus yang menjerat Bambang berawal dari laporan anggota DPRD Tanggamus yang menerima uang dari Bambang. Uang itu dimaksudkan agar DPRD meloloskan APBD Tanggamus. 

KPK sebelumnya menyebut uang yang diberikan kepada DPRD bervariasi jumlahnya. Namun kisaran uang yang diberikan mulai dari Rp 30 juta.

Akibat perbuatannya, Bambang disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. ***detik**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel