35 Militan ISIS ditangkap Turki di 41 Lokasi di Istanbul

ANKARA – Aparat keamanan Turki menangkap 35 orang yang diduga sebagai anggota kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dalam sebuah operasi di Istanbul, kota di Selat Bosporus.

Kantor berita Reuters, Rabu (22/2/2017), melaporkan, polisi melakukan penggerebekan serempak di 41 lokasi dan menangkap 35 terduga anggota ISIS dan menyita sejumlah dokumen terkait dengan gerakan para militan.

Pemerintah Turki telah menuding ISIS sebagai dalang serangan bom dan penembakan, yang umumnya juga diakui ISIS, yang terjadi di belasan tempat dengan menarget warga sipil di Turki dalam 18 bulan terakhir.

35 Militan ISIS ditangkap Turki
©Moral Trail doc. foto; Polisi anti teror Turki melakukan operasi penangkapan para tersangka terkait kelompok ekstremis ISIS, 5 Februari 2017.
Berangkat dari berbagai insiden tersebut, aparat keamanan Turki pun menggeledah berbagai tempat yang diduga sebagai persembunyian anggota kelompok teroris paling berbahaya itu.

Tiga puluh sembilan orang, umumnya warga asing, terlibat dalam serangan di kelab malam Reina di Istanbul pada malam Tahun Baru 2017.

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan pada malam Tahun Baru itu, yang membuat Ankara geram dan melakukan aksi militer hingga saat ini di Suriah utara untuk menyerang ISIS.

Turki, anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), terlibat dalam serangan udara koalisi asing yang dipimpin Amerika Serikat untuk memerangi ISIS.

Namun, sejak awal Januari 2017 menyusul serangan di kelam malam Reina, pasukan Turki juga melakukan serangan darat dengan menyeberang ke wilayah Suriah.***kompas**

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel