Rizieq Shihab balik adukan PP-PMKRI ke Polisi

Jakarta - Polisi sudah menerima laporan kasus dugaan penistaan agama oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Namun, belum ada keputusan tindak lanjut laporan tersebut.

Rizieq Shihab

"Kita selidiki dulu laporan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Selasa (27/12/2016).

Argo belum bisa memastikan kapan akan memanggil Rizieq Shihab. Pihaknya masih menunggu keputusan penyidik.

"Penyidik yang tahu (kapan pemanggilan), saya belum dapat laporan," ujar Argo.

Sebelumnya, sekelompok orang mengatasnamakan Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI) memperkarakan potongan ceramah Rizieq di Pondok Kelapa Jakarta Timur. Video potongan ceramah Rizieq diunggah oleh dua akun media sosial, yaitu di instagram atas nama @fauzi_ahmad_fiiqolby dan akun twitter @sayareya.

Laporan PMKRI terhadap Rizieq teregistrasi dengan nomor LP/6344/XII/2016/PMJ/Dit Reskrimsus tertanggal 26 Desember 2016. Dalam laporan polisi itu, perkara yang dituduhkan adalah penistaan agama melalui media elektronik. Dua akun media sosial yang mengunggah potongan ceramah Rizieq juga ikut dilaporkan.

Dalam laporan polisi itu, Rizieq dilaporkan menggunakan Pasal 156 dan Pasal 156A KUHP tentang Penistaan Agama. Sementara, pemilik dua akun media sosial dikenakan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Ketua PMKRI Angelius Wake Kako mengaku telah menyerahkan sejumlah barang bukti. Salah satunya, potongan video ceramah Rizieq di Pondok Kelapa Jakarta Timur yang diunggah berdurasi 21 detik.

Berikut transkip isi potongan ceramah Rizieq yang dipersoalkan:

"Kalau dia ngucapin Habib Rizieq selamat Natal, artinya apa? selamat hari lahir Yesus Kristus sebagai anak Tuhan, saya jawab Lam Yalid Walam Yulad, Allah tidak beranak dan tidak diperanakan, kalau tuhan beranak, bidannya siapa?".
(metrotvnews)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel