Istri Mu Pasti Minta Pulangkan Aku ke Orang Tua Ku

Cek-cok dalam rumah tangga adalah biasa, bahkan menerbitkan rasa rindu dan melekatkan kasih sayang. Tentu bukan perkara kecil yang dibesar-besarkan, melainkan mencari penyelesaian dari tiap sengketa yang muncul.

Khalifah Harun ar-Rasyid dikisahkan pernah cek-cok dengan istrinya, bahkan bersumpah akan menceraikannya kecuali bila malam itu istrinya tidak bermalam di kerajaannya. Istri khalifah bingung dengan sumpah suaminya tersebut.  Bagaimana mungkin dalam semalam harus meninggalkan kerajaan sang suami yang luas membentang di Timur berbatasan dengan negeri Cina, di sebelah Barat berbatasan dengan kota Paris.  Apalagi transportasi masih mengandalkan kereta kuda dan unta.

Pulangkan Aku ke Orang Tua Ku

Harun sendiri menyesal bersumpah dalam keadaan marah, sedangkan rasa cinta pada sang istri tidak dapat dicampakkan begitu saja. Mereka meminta nasihat ulama besar pada masa itu, al-Imam Abu Yusuf.

Ulama itu menyarankan agar istri khalifah bermalam di mesjid saja, karena mesjid ada di luar kekuasaan Kerajaan Harun ar-Rasyid, seperti firman-Nya dalam surah al-Jin ayat 18, ”Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu kepunyaan Allah. ” Atas Saran tersebut, keutuhan rumah tangga Khalifah Harun dapat dilestarikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel