Kenapa Rupiah Kian Melempem

Saban hari pertanyaan Kenapa Rupiah Kian Melempem ini meluncur dari lidah masyarakat Indonesia terutama kalangan siswa dan mahasiswa. Namun lagi-lagi nilai tukar rupiah terhadap dollar yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (4 Agustus v201) sesi pagi, bergerak melemah sejumlah 17 poin menjadi Rp 13.121 dibandingkan hari sebelumnya yang berapa pada posisi Rp 13.104 per US dollar.

Kenapa Rupiah Kian Melempem, Para Pengamat pasar uang antarbank, menyatakan bahwa nilai mata uang rupiah kembali mengalami depresiasi terhadap US dolar menyusul sebahagian pelaku pasar uang yg mengambil posisi berhati-hati menjelang ketika akan dirilisnya data produk domestik bruto (PDB) kuartal II 2016.

"Diharapkan, Produk Domestik Bruto Indonesia mengalami pertumbuhan sehingga pelemahan terhadap nilai rupiah hanya bersifat jangka pendek," katanya di Jakarta, Kamis (4 Agustus 2016).

Rupiah

Mereka menambahkan bahwa Kenapa Rupiah Kian Melempem, karena adanya sentimen amnesti pajak pun masih akan menjaga fluktuasi nilai rupiah sehingga pelemahan yg terjadi Kamis ini relatif terbatas. "Amnesti pajak masih akan menjadi katalisator positif untuk ke depan bagi mata uang domestik, karena efek dari kebijakan itu terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sangatlah positif," kata mereka.

Pada sisi yang lain, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi yg positif akan mendorong aliran dana repatriasi masuk ke dalam negeri sehingga permintaan rupiah akan semakin tinggi yg pada akhirnya dapat mengangkat nilai tukar rupiah. Sebahagian mereka sangat yakin akan ada kebijakan baru dari Dr. Sri mulyani terhadap problematika ini.

Baca juga : Ketimpangan Ekonomi Indonesia Semakin Melebar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel